PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI BIDANG PENDIDIKAN

Hasil gambar untuk E LEARNING



Baca juga: PEKERJAAN DI BIDANG TEKNOLOGI BERPENGHASILAN TINGGI

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DALAM DUNIA PENDIDIKAN


PENDAHULUANPengembangan Media Pembelajaran selalu bersinggungan dengan budaya prilaku belajar global. Budaya global yang selalu dipengaruhi oleh budaya kuat dari negara-negara maju seperti negara di benua Amerika seperti Amerika Serikat dan Kanada, negara di benua Eropa seperti Inggris dan Jerman, negara di benua Asia seperti Jepang dan China . Gesekan budaya tersebut dialami oleh pengguna Media Pembelajaran yang ditandai dengan penggunakan sumber belajar global. Sumber Pustaka, koneksi denga Dosen, akses url addres, broadcast sebagian besar merupakan produk budaya global. Prilaku belajar global adalah prilaku belajar yang tidak lagi dibatasi oleh ruang-ruang kelas. Lebih luas budaya global memiliki dimensi kebebasan belajar dengan menggunakan media pembelajaran secara optimal seperti contoh korespondensi, belajar dengan menggunakan perangkat broadcasting seperti radio dan televisi, belajar dengan menggunakan fasilitas networking berupa LAN, WAN, intranet, internet dan lain-lain. Lembaga penyelenggaran pendidikan dan pembelajaran merupakan entitas mendapat pengaruh budaya global. Hal ini ditandai oleh penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan pembelajaran maupun dalam mencari sumber belajar. Teknologi informasi dan komunikasi selalu menjadi topik pembahasan dan sekaligus digunakan sebagai perangkat dalam dalam mencari, mengolah, mengelola, menampilkan dan menyampaikan sumber belajar. Hal inilah yang menjadi alasan bahwa Lembaga penyelenggaran pendidikan dan pembelajaran akan mengikuti budaya global dengan mengimplementasikan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan dan pembelajaran.



Pengaruh TIK yang begitu besar mempengaruhi perkembangan teori dan praktek dalam TP yang dahulu didominasi dengan teknologi yang sederhana menjadi teknologi yang canggih dan berdampak luas seperti pemanfaatan internet dalam berbagai bidang garapan TP termasuk pembelajaran. Hal ini memperluas kontribusi nyata dalam hal memfasilitasi dan memudahkan manusia untuk belajar (human learning). Secara umum teknologi pendidikan mempunyai potensi untuk:
  1. Meningkatkan produktivitas pendidikan, dengan jalan:
  • Mempercepat tahap belajar
  • Membantu guru menggunakan waktunya secara lebih baik
  • Mengurangi beban guru dalam menyajikan informasi, sehingga dapat lebih banyak membina dan mengembangkan kegairahan belajar anak.
  • Mengurangi kontrol guru yang kaku dan tradisional
  • Memberikan kesempatan anak berkembang sesuai kemampuan
  • perencanaan program pengajaran yang lebih sistematik
  • pengembangan bahan pengajaran yang dilandasi penelitian tentang perilaku
  • meningkatkan kapasitas manusia dengan berbagai media komunikasi
  • penyajian informasi dan data secara lebih konkrit
  • mengurangi jurang pemisah antara pelajaran di dalam dan di luar sekolah
  • memberikan pengetahuan tangan pertama
  • pemanfaatan bersama tenaga atau kejadian yang langka secara lebih luas
  • penyajian informasi menembus batas geografi.
  1. Memberikan kemungkinan pendidikanyang sifatnya lebih individual, dengan jalan:
    1. Memberikan dasar pengajaran yang lebih ilmiah, dengan jalan:
    2. Lebih memantapkan pengajaran, dengan jalan:
    3. memungkinkan belajar secara lebih akrab karena dapat:
    4. memungkinkan penyajian pendidikan lebih luas dan merata,




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perkembangan Teknologi di Indonesia

Pengertian Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Mengintip Teknologi Tinggi di Tiongkok